Home » Warta Kegiatan » Menebar Suara, Mewartakan Penyelamatan Allah

Menebar Suara, Mewartakan Penyelamatan Allah

GKJBrayatKinasih, Miliran – Pemeliharaan Iman di masa kini tidak bisa hanya dilakukan di sebatas gedung gereja saja, melainkan harus dilakukan secara luas melalui media yang mudah dijangkau seluruh jemaat, kapanpun dan dimanapun.
Kebutuhan pemeliharaan Iman dan pewartaan Penyelamatan Allah teridentifikasi saat mendengarkan masukan dari Komisi-Komisi, dan juga Majelis Wilayah melalui rapat menggunakan aplikasi Zoom yang diselenggarakan oleh Bidang 3 Pembinaan Warga Gereja.
Dalam Rapat Pleno Majelis, usulan tersebut disetujui dalam bentuk rekaman audio yang bisa dibagikan dengan cara yang lebih mudah lewat media sosial yang ada. Bapak Pdt Sundoyo memberikan arahan agar bahan bacaan menggunakan Renungan Sabda Winedhar terbitan Sinode GKJ, yang disusun oleh tim khusus dari Sinode GKJ. Bidang 3 dan Bidang 1 ditunjuk untuk mengelola produksitersebut.
Pengisi suara renungan Sabda Winedar awalnya hanya terdiri dari beberapa Majelis untuk bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, dengan pertimbangan kemudahan koordinasi dan kecepatan produksi. Seiring berjalannya waktu, maka keterlibatan jemaat semakin meningkat, apalagi ada kemampuan jemaat untuk mengubah rekaman audio tersebut menjadi produk dengan iringan musik bahkan juga semacam produk podcast.
Tanpa terasa waktu telah berjalan hampir 3 bulan, produksi rekaman suara Renungan Sadhar telah berlangsung dengan segala keterbatasan yang ada namun ternyata sangat dinanti oleh Jemaat. Kembali Bidang 3 dan Bidang 1 merasa membutuhkan adanya pelatihan sederhana untuk jemaat yang telah bersedia menjadi pengisi suara tersebut.
Puji Tuhan, para pengisi suara dipertemukan dengan mbak Magdalena Krisinda (nama keren di broadcast) yang punya pengalaman sangat banyak dalam bidang produksi suara. Pengalamannya di dunia radio dan MC membawa mbak Magda (nama panggilan) ke dunia baru podcast.
Kesempatan uuntuk berbagi ilmu dan pengalaman dilaksanakan melalui webinar sederhana dengan judul “Menebar Suara Bersama Renungan Sabda Winedar Sinode GKJ”, pada hari Selasa, 25 Agustus 2020 Pk.18.00-19.30 WIB melalui aplikasi Zoom yang dihadiri oleh hampir seluruh pengisi suara.
Acara ini berlangsung dengan moderator Ibu Niniek Koesoemaningtyas selaku Ketua Bidang 1. Acara dimulai dengan pengantar oleh Bp Pdt Sundoyo S.Si dan dibuka dengan doa oleh Sdr Mike Makahenggang, S.Si, M.P.A.S (calon PPK SInode GKJ)
Dengan waktu yang sangat singkat seluruh materi disampaikan oleh mbak Bheti Krisindawati, S.I.Kom (nama asli Mbak Magda), dan peserta sangat antusias mengikuti paparan tersebut. Peserta juga mengakui bahwa materi yang disampaikan adalah hal-hal yang sering dirasakan dan memang butuh dilakukan. Acara diakhiri dengan doa penutup oleh Ibu Christin Dri Wahyuni selaku Ketua 2 Majelis, dan foto bersama.
Latihan seperti ini tidak berhenti sampai di sini, sesi webinar Bahasa Jawa akan dilaksanakan Selasa 1 September 2020 bersama Pdt Sugeng Prasetyo, S.Pd, M.Div. (Terry Trihantara)