Home » Galeri Video » Bersikaplah Ramah Terhadap Sesama

Bersikaplah Ramah Terhadap Sesama

GKJBrayatKinasih, Miliran- Renungan Tengah Minggu (RTM) kali ini mengambil tema “Ramah Terhadap Sesama ala Paulus dan Yulius”. Tema ini adalah bagian terakhir tema besar di Bulan Agustus ini tentang Kemerdekaan, KeIndonesiaan dan Keberagaman. RTM menghadirkan tamu istimewa yakni Kak Ahmad, seorang pemuda Muslim asal Pare-Pare, Sulawesi Selatan yang sedang belajar di Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Perbincangan menjadi menarik ketika mengupas kisah Rasul Paulus sebagai seorang terdakwa dengan Yulius, seorang Perwira Tinggi yang diberi tugas mengirimkan Paulus ke penjara. Kak Mike menjelaskan dalam kisah ini Yulius memperlakukan Paulus dengan penuh kasih karena mengetahui bahwa Paulus adalah orang yang baik dan penuh kasih. Status sebagai terdakwa/tahanan dan perwira tidak membuat keduanya saling membenci tapi jusru saling mengasihi. “Kasih tidak dibatasi oleh waktu, jarak, ras, suku dan keyakinan,” kata Kak Mike.

Pendapat yang sama juga disampaikan Kak Ahmad, bahwa kebaikan yang kita lakukan akan berputar kembali atau berbuah kebaikan kembali kepada kita sendiri. Kak AHmad berpendapat, keramahtamahan, hospitality banyak menyambungkan status sosial, status ekonomi menjadi lekat satu sama lain. Menurutnya, Nabi Muhammad sebagai junjungannya juga mengajarkan tentang Habluminnanas, yakni mengasihi sesama manusia. Nah bagaimana perbincangan selengkapnya, saksikan video RTM berikut ini.