Home » Artikel » Bertolong-tolonganlah Menanggung Bebanmu!

Bertolong-tolonganlah Menanggung Bebanmu!

GKJBrayatKinasih – Berjalan bersama, menggandeng yang datang, menemukan yang hilang. Sungguh tema yang sangat dalam yang saat ini kita hayati bersama sebagai satu jemaat, jemaat GKJ Brayat Kinasih.

Allah telah meletakkan kerinduan hatiNya melalui tema yang telah kita jalani bersama dalam 2 tahun berjalan ini. Tentu bukan hanya kata-kata semata, tetapi lebih dari itu, kita bersama-sama sebagai satu jemaat akan bertolong-tolongan menghidupi dan menjalani tema ini dalam kehidupan berjemaat kita.

Berjalan bersama,
Gereja bukanlah milik segelintir orang, tetapi kita semua adalah jemaat yang telah Tuhan tetapkan menjadi milikNya di GKJ Brayat Kinasih ini, sebagai pribadi-pribadi istimewa yang dengan segala kekurangan dan kelebihannya akan saling melengkapi untuk semua pekerjaan baik, yang Tuhan sudah tentukan bagi kita. Pekerjaan baik itu adalah merawat dan saling menjaga iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus, dengan menjadi teladan yang baik bagi sesama, tanpa topeng dan kesemuan.

Menggandeng yang datang,
Menjadi gereja yang terbuka bagi jemaat baru dan semua yang hadir dalam kehidupan berjemaat kita, dalam persekutuan dan dalam kehidupan bergereja. Menjadi teman dan sahabat pada saat suka dan duka bagi mereka yang hadir di tengah jemaat. Merangkul dan menerima mereka apa adanya, tanpa tendensi apapun.

Menemukan yang hilang,
Adalah kerinduan Tuhan kita Yesus Kristus agar semua orang diselamatkan dengan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juru selamat. Adalah bagian kita untuk bersama-sama menemukan yang terhilang dari Tuhan. Seperti perumpamaan seorang gembala akan meninggalkan 99 dombanya demi menemukan seekor domba yang terhilang, seperti itu juga hendaknya kerinduan kita dalam menemukan yang hilang dari antara kita, yaitu mereka yang benar-benar telah meninggalkan persekutuan bersama kita, mereka yang berada di luar persekutuan dengan Tuhan ataupun mereka yang sebenarnya ada di tengah-tengah persekutuan kita, namun mereka merasa terhilang. Adalah tugas kita sebagai satu jemaat dengan saling tolong menolong, bersama-sama menemukan mereka kembali kepada Tuhan.

Itulah tema besar yang kita hidupi bersama sebagai satu jemaat.

Mari kita lihat kembali berkat yang sudah Tuhan berikan kepada jemaat di GKJ Brayat Kinasih ini. Jemaat yang luar biasa, gedung gereja yang megah, sarana-prasarana yang lebih dari cukup, Pendeta yang luar biasa (terimakasih untuk pelayanan Bapak Pendeta Sundoyo yang luar biasa, juga Ibu Pdt. Nani Minarni). Coba kita renungkan kembali betapa berkat Tuhan ini sungguh luar biasa. Tentu tidak cukup berkat itu kita rasakan sendiri, kita miliki sendiri, ini saatnya kita membagikan berkat Tuhan itu kepada sesama kita, kepada orang-orang di sekitar kita. Mari kita keluar dari zona nyaman kita, untuk memperluas dan mengasah kapasitas kita, dengan segala kelebihan dan kekurangan kita sebagai satu jemaat untuk menjadikan kerajaan Tuhan semakin besar.

Percayalah akan ada pekerjaan besar yang Tuhan kerjakan bagi kita, jemaat GKJ Brayat Kinasih. Akan ada hal besar yang Tuhan sediakan bagi kita. Bagaimana kita bisa melakukan hal itu? Seperti yang kita baca di dalam Galatia 6:2, ” Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Yakinlah, Tuhan akan memampukan kita.

Bapak/Ibu/Saudara, selamat bersidang, semoga damai Kristus senantiasa beserta kita. Tuhan Yesus memberkati.

Oleh: Ibu Purwaningsih
Anggota Mejelis GKJ Brayat Kinasih

*Disampaikan sebagai renungan pembuka Sidang Majelis Gereja Istimewa (SMGI) 2020, Senin, 24 Februari 2020

 

Bacaan Alkitab : Galatia 6:2, 9-10
(2) Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. (9) Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. (10) Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

 


1 Comment

Comments are closed.