Home » Renungan Hari Ini

Renungan Hari Ini

Selasa, 9 Maret 2021 Minggu PraPaskah III

II Korintus 9: 1-11; Jabur 84; Ibrani 9: 23-28 Link Alkitab

Kemurahan Hati

“kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah   oleh karena kami. ” (II Korintus 9:11)

“Ora uwur, ora sembur” peribahasa Jawa yang menggambarkan orang yang tidak ingin terlibat baik berupa dana maupun pemikiran. Sikap seperti itu banyak djumpai orang jaman sekarang, yaitu orang yang hanya memikirkan  diri sendiri. Orang yang hidup di tengah masyarakat tetapi hanya  mementingkan diri sendiri tentu saja akan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya. Sementara hidup kita tidak bisa sendirian, suatu saat kita juga akan butuh bantuan dari kiri dan kanan kita.

Rasul Paulus membangun jemaat di Korintus untuk memiliki sikap murah hati. Hidup di dalam Kristus akan menerima anugerah sikap kemurahan hati. Paulus meminta jemaatnya dalam memberikan bantuan tidak karena terpaksa tetapi dengan senang hati. Kasih, tidak hanya terbatas dalam ucapan tetapi harus diwujudkan dalam tindakan.

Kemurahan hati tentu tidak hanya terbatas pada uang atau materi, tetapi bisa juga berupa berbagi waktu, berbagi pemikiran, berbagi pemahaman, dan perhatian. Memberi pujian, memberi maaf, berterima kasih juga merupakan salah satu bentuk kemurahan hati.

Kemurahan hati adalah suatu sikap dalam menanggapi anugrah pemberian Tuhan. Bersikap murah hati tidak akan berdiam diri ketika orang-orang di sekitar kita membutuhkan pertolongan, tetapi  membantu dan menemani. Kemurahn hati adalah sikap hati yang sehat yang mengarah pada kebahagiaan hidup.

Ada banyak orang yang mementingkan diri mereka sendiri, semuanya ada hitung-hitunganya. Tapi kita diingatkan untuk selalu memiliki sifat murah hati. Percayalah, saat hidup kita memiliki kemurahan hati akan menanamkan rasa syukur di hadapan Tuhan. │ * JRY

 

 

 


4 Comments

  1. Shalom, Amin. Kiranya Tuhan Yesus selalu hadir dan menyertai serta menolong didlm hidup kita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *