Home » Warta Kegiatan » Bergerak Bagi Saudara

Bergerak Bagi Saudara

(Bp Mugi didampingi Bp Sudarto dan Bp Anton menyerahkan bantuan dr GKJ Brayat Kinasih kepada warga GKJ Patalan pepanthan Imogiri)

GKJbrayatkinasih, Miliran- Siklon tropis Cempaka mengakibatkan hujan dan angin kencang di wilayah DIY pada 27 – 30 Nov 2017. Hal tersebut berdampak bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang hampir terjadi di semua wilayah kabupaten dan kota di DIY.

Bencana inipun menimpa tiga warga GKJ Brayat Kinasih. Air menggenangi rumah mereka hampir setinggi lutut orang dewasa. Keluarga Bapak Terry, Bapak Antok yang terkena dampak bencana terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat. Sedangkan Ibu Neneng rumahnya masih bisa ditinggali meskipun perabotan basah semua. Puji Tuhan akhirnya badai cempaka mereda, sehingga cuaca menjadi agak cerah dan air yang masuk rumah saudara-saudara kita bisa kering dan sekarang bisa ditempati kembali.

Sementara itu saudara-saudara kita yang tinggal di wilayah Bantul merasakan dampak cuaca buruk lebih parah. Banjir menerjang rumah warga dan sekolah. GKJ Patalan pepanthan Imogiri yang wilayahnya terkena dampak banjir cukup parah segera mendirikan Posko Bencana Pelita di gedung GKJ Patalan pepanthan Imogiri.

Ada sekitar 12 warga gereja GKJ Patalan pepanthan Imogiri di desa Dukungan yang rumahnya mengalami kerusakan, bahkan lumpur masuk ke dalam rumah. Puji Tuhan tidak ada warga yang menjadi korban jiwa saat bencana terjadi. Posko Pelita pun segera bergerak dengan menghimpun bantuan dari pihak luar untuk membantu para korban baik warga gereja maupun masyarakat. Lumpur yang masuk rumah mengakibatkan tidak adanya air bersih sehingga warga tidak bisa memasak.

Keberadaan posko Pelita sangat membantu sebagai dapur umum untuk makan warga juga petugas relawan yang bekerja membersihkan lumpur di rumah-rumah dan sekolah. Demikian disampaikan Bapak Sutoto, salah satu koordinator Posko Pelita ketika menerima tim GKJ Brayat Kinasih yang memberikan bantuan uang tunai sejumlah Rp 1.500.000,00, Sabtu 2 November 2017.

GKJ Brayat Kinasih berharap kepada warga agar mendukung dalam doa bagi saudara-saudara kita yang saat ini tertimpa bencana, dan bagi warga yang ingin berpartisipasi untuk pelayanan ini bisa disampaikan melalui Majelis atau kantor Gereja. Tuhan Yesus memberkati. (Anton)