Home » Warta Kegiatan » Antisipasi Covid 19, Kegiatan Kumpul-Kumpul Diliburkan

Antisipasi Covid 19, Kegiatan Kumpul-Kumpul Diliburkan

GKJBrayatKinasih, Miliran – Majelis GKJ Brayat Kinasih mengeluarkan surat penggembalaan terkait upaya menanggulangi penyebaran Virus Corona (Covid 19). Surat Penggembalaan intinya meminta jemaat untuk menunda seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Surat penggembalaan tersebut diputuskan dalam Sidang Majelis Gereja 16 Maret 2020, dan dikeluarkan pada 18 Maret.2020. Dalam surat yang ditandatangani Ketua Majelis Bp. Arijanto, SE MM, dan sekretaris, Ibu Kristiari Sih Kawedar, Majelis mengajak seluruh jemaat untuk mensukseskan program pemerintah dengan ikut serta dalam strategi ‘social distancing’.

Terkait strategi tersebut, maka seluruh bentuk kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, baik kegiatan di wilayah, komisi, PGB,  paduan suara, gamelan, panembromo dan lain-lain,  untuk sementara waktu diliburkan sampai 31 Maret 2020, dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan situasi.

Demikian juga dengan kegiatan Sekolah Minggu diliburkan hingga 31 Maret 2020.  Para orang tua diminta membimbing anak-anaknya di rumah masing-masing, dengan menggunakan bahan yang disediakan oleh Komisi Anak.

Untuk kegiatan Pendadaran persiapan Perjamuan Kudus, setiap keluarga diminta membuat Mesbah Keluarga di rumah masing-masing, menggunakan bahan renungan berupa video yang akan disiapkan oleh Majelis Gereja. Namun pada saat ibadah hari minggu, 22 dan 29 Maret 2020 akan dilaksanakan pendadaran, yang prosesinya masuk dalam liturgi ibadah minggu.

Sementara kegiatan Ibadah hari minggu akan tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Karena itu pihak kantor gereja akan melakukan pembersihan seluruh gedung dan meubeler dengan alkohol 70% atau cairan desinfektan.

Jabat tangan akan diganti dengan model ‘Namaste’ atau dapat juga dengan model ‘Anjali’ (menyilangkan tangan kanan di dada). Persembahan akan dilakukan dengan cara maju ke depan dengan mamasukkan kartu persembahan di kantong.

Selain itu, jemaat diminta untuk membersihkan tangan sebelum dan sudah ibadah dengan menggunakan ‘hand sanitizers’ yang disediakan oleh majelis gereja. (Tim Admin)

(Selengkapnya : Surat Penggembalaan Majelis GKJ Brayat Kinasih Yogyakarta)