Home » Warta Kegiatan » Fungsi Gereja: Memanusiakan Manusia

Fungsi Gereja: Memanusiakan Manusia

GKJBrayatKinasih, Miliran – Saling melayani dalam kehidupan bergereja sesungguhnya adalah tugas sekaligus hak bagi seluruh anggota jemaat. Akan tetapi dalam prakteknya, tugas dan panggilan saling melayani ini menghadapi banyak tantangan, termasuk aturan dan sistem yang sekan-akan membatasi gerak pelayanan kita.

Masalah ini menjadi topik hangat yang dibicarakan dalam program acara Renungan Tengah Minggu (RTM) Rabu, 5 Mei 2021. RTM mengetengahkan tema: “Fungsi Gereja: Memanusiakan Manusia”. Renungan dibawakan oleh Pdt. Nani Minarni dan dipandu oleh Kak Asih, Kak Pieter & Kak Erin.

Pdt. Nani mengambil pelajaran dari perjalanan Rasul Paulus yang diperhadapkan dengan tantangan serta aturan/sistem yang seakan-akan semakin mempersulit gerak pelayanannya. Tetapi Paulus akhirnya mampu bersikap secara bijak untuk menuntun teman-teman sepelayanannya agar selalu memiliki semangat melayani yang berfokus pada kasih dari Yesus kritus.

Kondisi seperti ini pun seringkali kita alami dalam dunia pelayanan di masa kini, karakter manusia yang beragam, sistem yang terlihat mengikat gerak pelayanan kita, atau juga area pelayanan yang memiliki tantangan tersendiri.

Pdt. Nani menekankan bahwa semua orang yang percaya kepada Yesus sejatinya memiliki tugas dan panggilan yang sama dan setara, saling memperhatikan sesama anggota tubuh Kristus yang adalah gereja. “Mari kita merenungkan sejenak, apakah fungsi kita sebagai gereja sudah sungguh-sungguh sejalan dengan visi kerajaan Allah,” kata Pdt. Nani. (Mike Makahenggang)