Home » Galeri Video » RTM: Ini Penjelasan Tentang Kematian Menurut Iman Kristen

RTM: Ini Penjelasan Tentang Kematian Menurut Iman Kristen


GKJBrayatKinasih, Miliran – Program Renungan Tengah Minggu (RTM) Rabu, 7 April 2021 mengetengahkan tema: “Kematian dari Sudut Pandang Kristen”. Acara ini menghadirkan pembicara Pdt. Eko Iswanto, dan dipandu oleh Kak Michael, dengan pujian dibawakan oleh Kak Cahyo dan Kak Intan.

Dalam paparannya, Pdt. Eko menjelaskan bahwa Alkitab telah menunjukkan beberapa hal tentang kematian, diantaranya: kematian adalah sebuah peristiwa biasa, kematian berarti pulang ke asalnya, di dalam kematian ada penghakiman, kematian adalah kelanjutan hidup yang baru dan kematian adalah penyelesaian tugas.

Pdt. Eko mengatakan, dengan kematian maka manusia sesungguhnya pulang kembali ke asalnya, yakni tubuh atau jasmaninya kembali menjadi debu dan tanah, sedangkan rohnya kembali ke Sang Penciptanya, Bapa di Surga. Pdt. Eko antara lain mengutip Firman Tuhan dari Yohanes 14:2 yang mengatakan “Di rumah Bapa Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.”

Namun, di dalam peristiwa kematian itu manusia akan menghadapi pengadilan atau penghakiman untuk mempertanggung jawabkan seluruh hidupnya di dunia. Pdt. Eko mengutip Firman Tuhan dari Korintus 5:10 “Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.” Melalui pengadilan ini manusia akan ditimbang perbuatan baik dan buruknya, serta dinilai seberapa baik ia memelihara imannya.

Yang menarik, di dalam Iman Kristen, kematian itu justru diimani sebagai sebuah kelanjutan hidup. Dengan kematian kita justru memasuki hidup yang baru, hidup yang kekal bersama Tuhan. Kitab Yohanes 17:3 mengatakan, “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Terakhir, bagi orang Kristen, kematian adalah akhir dari penyelesaian sebuah tugas. Tugas yang dimaksud adalah menyenangkan Allah dengan memelihara iman sampai akhir hayat. Seperti disampaikan Timotius 4:7 “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.”

Pemahaman ini semoga memperkaya kita dalam menyikapi sebuah peristiwa kematian. Jika kematian adalah sebuah kepastian, yang tidak bisa kita hindari maka gunakan waktu hidup kita sebagai sebuah proses pembentukan karakter kita untuk memasuki hati akhir hidup kita. (Mike Makahenggang)

Selengkapnya saksikan videonya di sini

Materi pptx “Pandangan Kristen Tentang Kematian”

Foto-foto Instagram


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *